Kamis, 07 Februari 2013

Judul Penelitian TIK dalam PAUd


PENGARUH  PENGGUNAAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF YANG BERISIKAN MATERI CALISTUNG  TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIVE DAN  MOTIVASI BELAJAR ANAK TK BRAHMA BANDUNG



BAB I   PENDAHULUAN



A.   LATAR BELAKANG

Pada anak usia dini pendidikam memegang peranan yang sangat penting bagi kemajuan bangsa. Tampa adanya proses pendidikan suatu hal yang sangat mustahil bagi suatu bangsa untuk dapat survive dimata bangsa lain. Mengingat begitu pentingnya sector pendidikan pada anak usia dini ini, maka pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitasnya
Mengingat hal ini, faktor  pendidikan ini harus mau mengadakan inovasi yang positif untuk kemajuan pendidikan dan sekolah. Tidak hanya inovasi dibidang kurikulum, sarana-prasarana, namum inovasi yang menyeluruh dengan menggunakan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) dalam kegiatan pendidikan utamanya penggunaan media pembelajaran yang berbasis tekhnologi. Bertolak dari pendapat sadiman dari sebuah artikel blokspot mengatakan bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.Hal ini terkait dengan motivasi anak dalam belajar.yang mana menurut pendapat Miarso pula media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan anak sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa (2007:458). Artinya bahwa dengan adanya pengkondisian lingkungan yang dalam hal ini adalah penyediaan media yang mendukung dan bertujuan, dapat mengembangkan keterampilan eksploratif, imajinatif, dan kreativitas anak yang masuk dalam ranah kognitif anak.
OLeh karena itu, perancangan dan penggunaan media pembelajaran berdasarkan konsep dan metode tertentu khususnya dalam penelitian ini menerapkan  aplikasi multimedia interaktif dalam pembelajaran calistung anak usia dini di Taman Kanak-Kanak telah coba diterapkan oleh TK Brahama Bandung saat ini.
 Multimedia ini adalah suatu komponen dalam pembelajaran berbasis TIK yang merupakan integrasi dari keseluruhan komponen model pembelajaran yang berbasis computer yang mencakup interaktif,transisi, audio,visual,warna, animasi dan hyperteks.  Objeknya yang berisikan beberapa media seperti video,audio, gambar, atau teks. Karakteristik dari multimedia  pembelajaran ini;(1)  mepermudah penerimaan pesan; (2) Mengefektifkan pencapaian tujuan; (3) Mempersingkat waktu pembelajaran;(4) memberi kesenangan dalam belajar agar .Untuk itu, aplikasi pembelajaran calistung berbasis multimedia interaktif ini merupakan suatu jenis pembelajaran berbasis computer yang digunakan oleh guru yang memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran.
Secara umum,struktur tampilan perangkat lunak apliksi calistung ini mencakup struktur menu aplikasi calistung meliputi mengenal huruf, mengenal angka, game dan profile.Dalam menu mengenal  huruf terbagi beberapa pilihan berupa pola kata yang didalamnya tersedia,dua suku kata,tiga suku kata, suku kata khusus selanjutnya terbagi lagi mengenal huruf, menulis huruf dan menulis kata. Sedangkan dalam menu mengenal angka hanya tersedia berhitung angka, menulis angka. Untuk materi pembelajaran dibuat berupa file animasi dengan flash.Adapun materi-materi yang dibuat dalam flash adalah pola dua suku kata,pola tiga suku kata, pola kata khusus, pola kata dengung, huruf alpahabet, membaca satu kata, menulis angka, menulis huruf, dan berhitung angka. Dalam diagram navigasi aplikasi daftar isi dengan hirarki yang masing-masing heading terhubung kesebuah halaman, yang mana main menu menopang keseluruhan navigasi file-file yg terkandung didalam aplikasi calistung.
            Aplikasi ini dirancang untuk membantu proses pembelajaran calistung anak usia dini khususnya taman Kanak-Kanak yang berbasis multimedia interaktif agar mereka mudah dalam menerima pesan khususnya dalam pembelajaran calistung. Mengingat membaca, menulis, dan menghitung (Calistung) adalah hal mendasar yang perlu dikenalkan kepada buah hati sejak dini sesuai dengan tahapan perkembangannya. Efektifnya, saat buah hati mulai masuk sekolah Taman Kanak-kanak (TK). Calistung menjadi modal utama yang boleh dimiliki anak dalam proses pembelajaran di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. pentingnya Calistung, proses belajar tidak harus selalu diserahkan kepada para guru di sekolah semata. Peran orangtua dirumah sangat dibutuhkan demi keberhasilan buah hati. Orangtua bisa mencetak anaknya sesuai impiannya dan menjadi kebanggaan bagi diri dan bangsanya
Membaca dan menulis memungkinkan anak mampu menyerap dan menyampaikan segala informasi yang diterimanya. Sementara itu, menghitung memungkinkan anak lebih mampu mengembangkan aspek logika berpikir, terutama memaksimalkan fungsi belahan otak kirinya. Namun,.mengajar anak-anak Calistung memang  bukan masalah yang  sepele, karena sangat  membutuhkan pengetahuan dan kreatifitas dari para pendidik. Oleh karena itu, penulis mengangkat Pengaruh Penggunaan Aplikasi Multimedia interaktif yang berisikan materi calistung terhadap kemapuan cognitive dan motivasi belajar anak Taman Kanak-Kanak Brahama Bandung.

B.   MASALAH

Dalam penelitian ini  penulis mengankat perrmasalahan Seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi multimedia interaktif yang berisikan materi calistung tersebut diatas terhadap perkembangan kognitif dan motivasi belajar anak pada Taman Kanak-Kanak Brahma Bandung?






Tidak ada komentar:

Posting Komentar