PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF
YANG BERISIKAN MATERI CALISTUNG TERHADAP
KEMAMPUAN KOGNITIVE DAN MOTIVASI BELAJAR
ANAK TK BRAHMA BANDUNG
BAB
I PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Pada anak usia dini
pendidikam memegang peranan yang sangat penting bagi kemajuan bangsa. Tampa
adanya proses pendidikan suatu hal yang sangat mustahil bagi suatu bangsa untuk
dapat survive dimata bangsa lain. Mengingat begitu pentingnya sector pendidikan
pada anak usia dini ini, maka pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk
meningkatkan kualitasnya
Mengingat hal
ini, faktor pendidikan ini harus mau
mengadakan inovasi yang positif untuk kemajuan pendidikan dan sekolah. Tidak hanya inovasi dibidang kurikulum, sarana-prasarana, namum
inovasi yang menyeluruh dengan menggunakan teknologi komunikasi dan informasi
(TIK) dalam kegiatan pendidikan utamanya penggunaan media pembelajaran yang
berbasis tekhnologi. Bertolak dari pendapat sadiman dari sebuah artikel
blokspot mengatakan bahwa media
adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa
untuk belajar.Hal ini terkait dengan motivasi anak dalam belajar.yang mana
menurut pendapat Miarso pula media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan
untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan anak sehingga dapat
mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa (2007:458). Artinya bahwa
dengan adanya pengkondisian lingkungan yang dalam hal ini adalah penyediaan
media yang mendukung dan bertujuan, dapat mengembangkan keterampilan eksploratif,
imajinatif, dan kreativitas anak yang masuk dalam ranah kognitif anak.
OLeh karena itu, perancangan dan penggunaan media
pembelajaran berdasarkan konsep dan metode tertentu khususnya dalam penelitian
ini menerapkan aplikasi multimedia interaktif
dalam pembelajaran calistung anak usia dini di Taman Kanak-Kanak telah coba
diterapkan oleh TK Brahama Bandung saat ini.
Multimedia ini adalah suatu komponen
dalam pembelajaran berbasis TIK yang merupakan integrasi dari keseluruhan
komponen model pembelajaran yang berbasis computer yang mencakup
interaktif,transisi, audio,visual,warna, animasi dan hyperteks. Objeknya yang berisikan beberapa media
seperti video,audio, gambar, atau teks. Karakteristik dari multimedia pembelajaran ini;(1) mepermudah penerimaan pesan; (2)
Mengefektifkan pencapaian tujuan; (3) Mempersingkat waktu pembelajaran;(4)
memberi kesenangan dalam belajar agar .Untuk itu, aplikasi pembelajaran calistung berbasis
multimedia interaktif ini merupakan suatu jenis pembelajaran berbasis computer
yang digunakan oleh guru yang memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran.
Secara umum,struktur tampilan perangkat lunak apliksi calistung
ini mencakup struktur menu aplikasi calistung meliputi mengenal huruf, mengenal
angka, game dan profile.Dalam menu mengenal
huruf terbagi beberapa pilihan berupa pola kata yang didalamnya tersedia,dua
suku kata,tiga suku kata, suku kata khusus selanjutnya terbagi lagi mengenal
huruf, menulis huruf dan menulis kata. Sedangkan dalam menu mengenal angka
hanya tersedia berhitung angka, menulis angka. Untuk materi pembelajaran dibuat
berupa file animasi dengan flash.Adapun materi-materi yang dibuat dalam flash
adalah pola dua suku kata,pola tiga suku kata, pola kata khusus, pola kata
dengung, huruf alpahabet, membaca satu kata, menulis angka, menulis huruf, dan
berhitung angka. Dalam diagram navigasi aplikasi daftar isi dengan hirarki yang
masing-masing heading terhubung kesebuah halaman, yang mana main menu menopang
keseluruhan navigasi file-file yg terkandung didalam aplikasi calistung.
Aplikasi
ini dirancang untuk membantu proses pembelajaran calistung anak usia dini
khususnya taman Kanak-Kanak yang berbasis multimedia interaktif agar mereka
mudah dalam menerima pesan khususnya dalam pembelajaran calistung. Mengingat membaca, menulis, dan
menghitung (Calistung) adalah hal mendasar yang perlu dikenalkan kepada buah
hati sejak dini sesuai dengan tahapan perkembangannya. Efektifnya, saat buah
hati mulai masuk sekolah Taman Kanak-kanak (TK). Calistung menjadi modal utama
yang boleh dimiliki anak dalam proses pembelajaran di jenjang pendidikan yang
lebih tinggi. pentingnya Calistung, proses belajar tidak harus selalu
diserahkan kepada para guru di sekolah semata. Peran orangtua dirumah sangat
dibutuhkan demi keberhasilan buah hati. Orangtua bisa mencetak anaknya sesuai
impiannya dan menjadi kebanggaan bagi diri dan bangsanya
Membaca dan menulis
memungkinkan anak mampu menyerap dan menyampaikan segala informasi yang
diterimanya. Sementara itu, menghitung memungkinkan anak lebih mampu
mengembangkan aspek logika berpikir, terutama memaksimalkan fungsi belahan otak
kirinya. Namun,.mengajar anak-anak Calistung memang bukan masalah yang
sepele, karena sangat membutuhkan pengetahuan dan kreatifitas dari para pendidik. Oleh karena itu, penulis mengangkat
Pengaruh Penggunaan Aplikasi Multimedia interaktif yang berisikan materi
calistung terhadap kemapuan cognitive dan motivasi belajar anak Taman
Kanak-Kanak Brahama Bandung.
B. MASALAH
Dalam penelitian ini penulis mengankat perrmasalahan Seberapa
besar pengaruh penggunaan aplikasi multimedia interaktif yang berisikan materi
calistung tersebut diatas terhadap perkembangan kognitif dan motivasi belajar
anak pada Taman Kanak-Kanak Brahma Bandung?