H E N N Y
PAUD C
Satuan
Kegiatan Harian
Kelompok :
TK B Tema : Binatang
Semester : II Sub
tema : Kupu-Kupu
Minggu / Hari :
1/2 (Kupu-kupu, telur, ulat,kepompomg, kupu-kupu)
Alokasi waktu :
08.30 - 10.15
Pembukaan : -
Salam pagi hari : Menyambut kedatangan setiap anak dengan
kehangatan dan cinta
(Morning meeting) - Ikrar dan Berdoa : Anak bersama
guru, boleh dipimpin oleh salah satu anak bersedia
-
Jurnal Pagi : Menanyakan situasi dan kondisi anak pada
pagi hari ini, membicarakan kegiatan kemarin dan kegiatan yang akan dilakukaan
hari ini (appersepsi)
Kegiatan Inti
Aspek Pengembangan dan Indikator
|
Strategi Pengembangan
|
Pengalaman Belajar dan Urutan Kegiatan
|
Assesmen perkembangan Anak
|
||
|
Materi
|
Metode
|
Media
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Membiasakan
diri beribadah misalnya membaca doa sebelum dan sesudah kegiatan
Anak
mampu dengan mengulang kalimat yang lebih kompleks (IV.A2)
Menyusun
kalimat sederhana dalam struktur lenkap(pokok kalimat, predikat-keterangan
(IV.B4)
Terampil
menggunakan tangan kanan dan kiri (II.A4)
SE4:
Mengenal tatakrama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya
setempat
SE5:
Memahami peraturan dan disiplin
|
Doa
belajar
Menyusun
dan membaca kalimat
Tatakarama
dan disiplin
|
Praktek
lansung
Praktek
langsung
Nasehat
|
Media
gambar
|
·
Guru mengatur posisi
duduk anak (duduk yang manis)
·
Guru memimpin doa bersama sebelum melakukan kegiatan
·
Guru menjelaskan etika dalam berdoa yang mana hal yang perlu
di perhatikan adalah sikap tubuh dan mata ketika berdoa, suara ketika berdoa
lembut dan jelas, suasana hening sejenak
·
Guru memberikan penjelasan makna dari doa yang telah
dibacakan dan manfaat dari berdoa itu sendiri
·
Guru memotivasi anak untuk selalu berdoa di setiap melaukan
kegiatan ataupun sesudahnya.
Ø Guru mengajak anak untuk
duduk membuat lingkaran
Ø Guru menjelaskan tentang
makluk hidup
Ø Guru menjelaskan binatang
khususnya kupu-kupu
Ø Guru memperlihatkan
gambar media pembelajaran tentang metamorphosis kupu-kupu
Ø .Guru menjelaskan proses
metamorphosis kupu-kupu
Ø Guru memberikan latihan
kepada anak untuk mengidentifikasi makhluk hidup
Ø Guru mengajak anak untuk
mengetahui runtutan metamorphosis kupu-kupu
Ø Guru akan menasehati
anak akan tatakrama dalam berbahasa antara sesama
Ø Guru memberikan
nasehat-nasehat berkaitan dengan kesopanan, social, budaya setempat.
Ø Guru menjelaskan makna
dari kata disiplin baik waktu, ataupun hal lainya.
|
· Lisan
· Perbuatan
· Tertulis
· Portofolio hasil karya
anak
|
Penutup : - Jurnal siang, review
kegiatan sehari, umpan balik dan informasi tentang kegiatan esok hari
sebagai motivasi bagi anak
-
Do’a pulang dan salam pepisahan
Mengetahui Jakarta,
Desember 2012
Kepala
TK B, Guru
kelas,
(……………………………………………………………..) (…………………………………………………….)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar