Kamis, 07 Februari 2013


H E N N Y
PAUD C


Satuan Kegiatan Harian

Kelompok                      : TK B                                                               Tema                : Binatang
Semester                      : II                                                                   Sub tema          : Kupu-Kupu
Minggu / Hari               : 1/2                                                                                           (Kupu-kupu, telur, ulat,kepompomg, kupu-kupu)
Alokasi waktu               : 08.30 -  10.15          

Pembukaan         :          -      Salam pagi hari                 :    Menyambut kedatangan setiap anak dengan kehangatan dan cinta
(Morning meeting)                                -        Ikrar dan Berdoa             :    Anak bersama guru, boleh dipimpin oleh salah satu anak bersedia
-         Jurnal Pagi                       :    Menanyakan situasi dan kondisi anak pada pagi hari ini, membicarakan kegiatan kemarin dan kegiatan yang akan dilakukaan hari ini (appersepsi)
Kegiatan Inti

Aspek Pengembangan dan Indikator

Strategi Pengembangan

Pengalaman Belajar dan Urutan Kegiatan
Assesmen perkembangan Anak

Materi
Metode
Media


1
2
3
4
5
6
Membiasakan diri beribadah misalnya membaca doa sebelum dan sesudah kegiatan





Anak mampu dengan mengulang kalimat yang lebih kompleks (IV.A2)
Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lenkap(pokok kalimat, predikat-keterangan (IV.B4)
Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri (II.A4)


SE4: Mengenal tatakrama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
SE5: Memahami peraturan dan disiplin




Doa belajar










Menyusun dan membaca kalimat












Tatakarama dan disiplin











Praktek lansung










Praktek langsung













Nasehat













Media gambar
·            Guru mengatur  posisi duduk anak (duduk yang manis)
·            Guru memimpin doa bersama sebelum melakukan kegiatan
·            Guru menjelaskan etika dalam berdoa yang mana hal yang perlu di perhatikan adalah sikap tubuh dan mata ketika berdoa, suara ketika berdoa lembut dan jelas, suasana hening sejenak
·            Guru memberikan penjelasan makna dari doa yang telah dibacakan dan manfaat dari berdoa itu sendiri
·            Guru memotivasi anak untuk selalu berdoa di setiap melaukan kegiatan ataupun sesudahnya.

Ø   Guru mengajak anak untuk duduk membuat lingkaran
Ø   Guru menjelaskan tentang makluk hidup
Ø   Guru menjelaskan binatang khususnya kupu-kupu
Ø   Guru memperlihatkan gambar media pembelajaran tentang metamorphosis kupu-kupu
Ø   .Guru menjelaskan proses metamorphosis kupu-kupu
Ø   Guru memberikan latihan kepada anak untuk mengidentifikasi makhluk hidup
Ø   Guru mengajak anak untuk mengetahui runtutan metamorphosis kupu-kupu






Ø   Guru akan menasehati anak akan tatakrama dalam berbahasa antara sesama
Ø   Guru memberikan nasehat-nasehat berkaitan dengan kesopanan, social, budaya setempat.
Ø   Guru menjelaskan makna dari kata disiplin baik waktu, ataupun hal lainya.



·      Lisan
·      Perbuatan
·      Tertulis
·      Portofolio hasil karya anak

                                        




Penutup   :     - Jurnal siang, review kegiatan sehari, umpan balik dan informasi tentang kegiatan esok hari sebagai  motivasi bagi anak
                              - Do’a pulang dan salam pepisahan

                              Mengetahui                                                                                             Jakarta, Desember 2012
                              Kepala TK B,                                                                                            Guru kelas,






                        (……………………………………………………………..)      (…………………………………………………….)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar